5 Linux Ringan Untuk Laptop Jadul Terbaik 2020

Apakah anda bosan dengan Windows? Cobalah mengganti operasi sistem, misalnya linux. Sudah banyak orang yang menggunakan ini. Sangat cocok untuk spesifikasi rendah. Kali ini kita akan membahas 5 linux ringan untuk laptop jadul terbaik di tahun 2020.

Linux Ringan Untuk Laptop Jadul

Ngomongin soal linux gak akan pernah habisnya. Selalu ada inovasi terbaru oleh penggunanya. Linux bersifat open source yang membolehkan pengguna berbuat sepuasnya. Jangan kaget kalau banyak distro Linux.

Linux sangat cocok untuk semua komputer atau laptop. Operasi sistem ini lebih ringan daripada Windows. Dari sekian banyak, mana yang terbaik dan cocok untuk spesifikasi rendah? Berikut daftar linux ringan untuk laptop jadul atau netbook.

1. Linux Lite

linux ringan untuk laptop jadul

Linux lite adalah distro linux yang populer karena enteng dan mudah digunakan. Distro ini menggunakan XCFE yang ringan sebagaiĀ dekstop enviroment nya. Linux lite cocok untuk laptop atau komputer dengan spesifikasi rendah. Alasannya karena memakan sedikit sumber daya.

Linux Lite sudah dibekali aplikasi penting, jadi tidak perlu lagi mendownload manual. Minimal ramnya adalah 768MB dan penyimpanan 8GB. Informasi lebih lanjut bisa mengakses linuxliteos.com.

2. Linux Mint XCFE

linux ringan untuk laptop jadul

Jika anda baru saja pindah, distro ini bisa diandalkan. Tampilannya mirip dengan Windows sehingga mudah digunakan. Saya menggunakan Linux Mint di laptop Thinkpad T440P dengan ram 4 GB. Sejauh ini peformanya bagus dan stabil. Linux Mint dapat berjalan di ram 512 MB, tapi direkomendasikan 4GB. Siapkan ruang penyimpanan minimal 25 GB untuk kenyamanan.

Ada tiga jenis, yaitu GNOME, Cinnamon, XCFE, dan KDE. Saya sarankan XCFE karena ringan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi websitenya di linuxmint.com.

3. Lubuntu

linux ringan untuk laptop jadul

Lubuntu adalah salah satu distro linux turunan dari Ubuntu. Distro ini dibuat oleh Mario Behlin dan Julien Larvegine. Tampilannya sederhana, mirip dengan Mint. Lubuntu memakai DE LXQt sehingga pemakaian RAM dan CPU tergolong rendah. Ketika dalam keadaan idle, ram laptop saya hanya menghabiskan 100 MB dari 2 GB.

Lubuntu termasuk linux ringan untuk laptop jadul anda. Lubuntu sudah dilengkapi dengan aplikasi penting, seperti Abiword, Audacious, dan Firefox. Minimal ramnya adalah 1GB, tetapi saya sarankan 2GB agar lebih baik. Langsung buka lubuntu.net untuk mendownload.

4. antiX Linux

linux ringan untuk laptop jadul

antiX adalah salah satu linux ringan untuk laptop jadul atau netbook anda. Distro ini turunan dari Debian, lihatlah foto di atas. Pemakaian sumber daya rendah, sehingga antiX ringan digunakan.

Minimal ram adalah 256 MB, sedangkan penyimpanannya 4 GB. Kecil sekali, bukan? Jika anda tertarik, langsung download di antixlinux.com

5. MX Linux

linux ringan untuk laptop jadul

Yang terakhir adalah MX Linux. MX Linux adalah distro yang dikembangan tim antiX dan MEPIS. Makna “MX” berarti Mepis dan antiX. Distro ini bisa diandalkan untuk laptop kentang.

MX Linux sudah menyediakan Libre Office, VLC, Firefox, dan GIMP. Anda tidak perlu download secara manual. Jika tertarik, bisa buka mxlinux.org

DomaiNesia

Tinggalkan komentar